THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

10/06/2009

jaringan komputer

Jaringan komputer
Jaringan Komputer adalah suatu sistem yang terdiri perangkat computer dan perangkat jaringan yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama.

Lingkup Jaringan Komputer

Jaringan computer dapat terdiri dari beberapa computer ribuan computer. Jaringan computer ini juga dapat menempati suatu ruangan kecil atau sebuah bangunan yang terdiri atas puluhan lantai , atau bahkan meliputi seluruh dunia. Berdasarkan jumlah terminalnya, jaringan computer dapat digolongkan ke dalam tiga jenis, yaitu LAN, MAN, WAN.

a. LAN(Local Area Network)

LAN adalah jaringan computer yang mencakup lingkungan terbatas, misalnya satu ruang di suatu kantor, atau suatu lantai di suatu bangunan. Antarkomputer bias dihubungkan dengan kabel atau dengan media komunikasi lainnya (misalnya jaringan nirkabel).

b. MAN(Metropolitan Area Network)

MAN adalah jaringan computer yang mencakup satu kota. Jaringan ini biasanya terdapat di suatu lingkungan yang cukup luas, misalnya perguruan tinggi yang memiliki beberapa gedung untuk masing-masing fakultas, atau perusahaan dengan beberapa cabang di sebuah kota, atau beberapa perusahaan yang saling bekerja sama. Layanan informasi hotel atau pariwisata di suatu kota, yang terhubung antara satu hotel dengan hotel lain, atau layanan penjualan beberapa restoran siap saji di suatu kota, merupakan contoh jaringan bentuk ini.

c. WAN(Wide Area Network)

WAN adalah jaringan computer yang mencakup wilayah yang sangat luas, misalnya suatu propinsi, suatu Negara, atau bahkan kumpulan beberapa Negara. Antara satu terminal dengan terminal lainnya, seringkali sudah tidak dapat dihubungkan dengan kabel, misalnya saja antar Jakarta dengan kupang. Hubungan harus dilakukan melalui satelit. Contoh penerapan jaringan ini adalah internet. Internet (International Network) adalah contoh jaringan computer yang menjangkau berbagai computer dan user di seluruh penjuru dunia.

Topologi Jaringan Komputer
Antarkomputer harus saling dihubungkan dalam satu jaringan computer . Hubungan antarkomputer dapat bervariasi bentuknya, yaitu : star,ring,bus.

a. Topologi Star (bintang)

Topologi ini disebut star karena skema dari topologi ini berbentuk mirip dengan bintang. Topolog ini memerlukan server atau computer pusat untuk mengendalikan semua terminal. Terminal adalah anggota jaringan dan dapat berbentuk computer, printer, notebook, bahkan telepon seluler. Topologi ini sering dipakai oleh para perancang jaringan, karena hubungan antara satu terminal dengan terminal lainnya relative pendek. Hal ini yang menjadi keunggulan topologi star(bintang). Antara satu terminal dapat berkomunikasi dengan terminal yang lain hanya melewati server. Tetapi topologi ini memiliki kelemahan yaitu server memerlukan computer dengan konfigurasi yang cukup berlebih, karena kekuatannya akan digunakan juga oleh terminal lain yang ada di jaringan.

b. Topologi Ring

Antara satu terminal dengan terminal yang lain tidak memerlukan server dan saling berhubungan dengan terminal di kanan kirinya. Keunggulan yang dimiliki topologi cincin adalah tidak memerlukan computer pusat (server). Kelemahannya yaitu satu terminal harus diapit oleh dua terminal lain yang juga harus dalam kondisi hidup. Apabila dua computer yang mengapit suatu terminal dalam posisi mati (off), maka terminal tersebut tidak dapat berhubungan dengan terminal lainnya.

c. Topologi Bus
Topologi bus adalah salah satu topologi yang cukup sederhana, karena terminal dihubungkan dengan satu jalur utama. Untuk menghubungkan terminal ke jalur utama, hanya diperlukan konektor saja.

Kabel
Media komunikasi data yang paling konvensional dan saat ini masih cukup banyak digunakan adalah kabel. Kabel ada bermacam-macam bentuknya, yaitu:
a. Kabel UTP (Universal Twisted Pair).
Kabel ini banyak digunakan pada pesawat telepon tetap (PSTN atau public switching telephone network) dan jaringan computer. Kabel ini tidak begitu besar ukuran fisiknya, relative mudah dipasang di berbagai alur dinding atau lantai, harganya relative murah, dan mampu menghantarkan data dengan kecepatan cukup tinggi.
b. Kabel co-axial
Kabel jenis ini berbentuk bulat dan terdiri atas bagian tengah sebagai inti. Kabel ini biasanya dipakai untuk antena televisi, antenna pesawat komunikasi (HT dan rig), serta jaringan computer. Keunggulan kabel ini adalah kemampuannya untuk menghantarkan data dalam jumlah besar dengan kecepatan tinggi. Sayangnya kabel jenis co-ax ini memiliki kelemahan utam yaitu, bentuknya relative besar (kurang lenih sebesar pensil) dan agak kaku, sehingga sulit diletakkan sesuai dengan lantai atau dinding yang dilaluinya.
c. Kabel optic(fiber optic)
Adalah kabel yang terbuat dari serat kaca. Kabel serat optic mirip dengan kkabel biasa, hanya saja bagian di dalamnya terbuat dari serat kaca yang sangat halus. Keunggulan serat kaca adalah dapat menghantarkan data hamper tanpa hambatan, sehingga sekarang ini kabel optic sering digunakan untuk membangun jaringan computer dengan banyak terminal dengan jarak yang relative berajauhan, seperti di kampus yang terdiri atas beberapa bangunan dan pabrik yang memiliki beberapa lokasi produksi. Kabel ini bersifat fleksibel (mudah mengikuti kontur lokasi) tetapi memiliki kelemahan, yaitu harganya yang relative lebih mahal disbanding kabel jenis lain.

0 komentar: